Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2022)

Pembelajaran Konsep Pola untuk Menstimulasi Kreativitas Anak Usia Dini

Putu Wulandari Tristananda (STAHN Mpu Kuturan Singaraja)
Kadek Winda Sumi Astrayani (STAHN Mpu Kuturan Singaraja)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran konsep pola dapat menstimulasi perkembangan kreativitas anak usia dini. Salah satu pembelajaran matematika yang sangat penting untuk anak usia dini sebagai dasar mempelajari ilmu matematika yaitu konsep pola. Pola merupakan susunan urutan yang sama dan berulang-ulang, misalnya urutan warna, urutan benda, urutan nomor, dan urutan gerakan yang berulang. Pembelajaran konsep pola yang dapat diterapkan pada anak usia dini melalui kegiatan merangkai benda atau meronce atau bisa juga melalui kegiatan menyusun balok berwarna menjadi rangkaian kereta api. Melalui kegiatan tersebut kemampaun mengkombinasi dan kreativitas anak dapat berkembang. Kreativitas adalah sesuatu yang bersifat baru dan berguna. Kreativitas sendiri dapat berguna untuk meningkatkan kualitas hidup dan sebagai pemecahan masalah, sehingga sangat penting dikembangkan sejak dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...