Peran guru dalam pengembangan bahasa lisan PAUD 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng menunjukkan belum memaksimalkan pelibatan anak sehingga guru melaksanakan pembelajaran dengan metode seperti menulis, penyampaian materi, tanya jawab, pada dasarnya hanya menekankan pada konsep pencapaian tekstual saja tetapi tidak menumbuhkan atau mengembangkan kegiatan belajar, dan membuat anak menjadi malas dan bosan dalam mengikuti pelajaran, terutama pada masa perkembangan bahasa lisan anak. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa peran guru sebagai motivator dalam perkembangan bahasa lisan anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng sudah baik yaitu sebesar 70,97%. peran guru sebagai mediator dalam perkembangan bahasa lisan anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng sudah baik yaitu sebesar 65,52%. Peran guru sebagai fasilitator dalam perkembangan bahasa lisan anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng sudah baik dengan angka 48,39%. Peran guru sebagai evaluator dalam perkembangan bahasa lisan anak usia 5-6 tahun di PAUD Kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng sudah baik dengan total 87,1%. Diharapkan dalam pelaksanaan kinerja guru lebih cermat pada teknik atau metode yang digunakan.
Copyrights © 2022