Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 4, No 1 (2023)

PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN TABANAN

I Gede Bagus Wisnu Bayu Temaja (IKIP Saraswati)
Putu Ayu Krisna Wulandari (IKIP Saraswati)



Article Info

Publish Date
09 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keunggulan, kendala, dan solusi pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di TK Negeri Pembina Kecamatan Tabanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui teknik wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dan kemudian disajikan secara deskriptif. Selama pembelajaran daring, terdapat beberapa keunggulan seperti waktu dan tempat lebih efisien karena dapat dikerjakan dimana dan siswa dilatih untuk lebih menguasai teknologi informasi. Selanjutnya, siswa menemui kendala selama pembelajaran daring seperti keterbatasan kuota, kesulitan sinyal, kesulitan memahami materi, dan tugas yang sangat banyak dengan tenggat pengumpulan tugas yang singkat sehingga sangat memberatkan bagi siswa. Solusi dari penulis terhadap permasalahan yang dialami oleh siswa saat pembelajaran daring yaitu, penyediaan bantuan kuota internet gratis, mencari Wifi terdekat, mencari alternatif penjelasan lain dari Google atau Youtube, dan berdiskusi dengan orang tua agar tugas dapat selesai tepat waktu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...