Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2022)

Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok B Melalui Metode Bermain Menggunakan Kartu Kata Bergambar

Ni Putu Intan Pradnya Swari (Universitas Dhyana Pura)
Elizabeth Prima (Universitas Dhyana Pura)
Ni Made Ayu Suryaningsih (Universitas Dhyana Pura)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan anak kelompok B di TK Pradnyandari I melalui metode bermain  menggunakan kartu kata bergambar. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B3 berjumlah 15 orang terdiri dari 7 perempuan dan 8 laki-laki. Jenis penelitan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil observasi awal menunjukkan terdapat 4 orang anak yang memenuhi kriteria ketuntasan 27%. Setelah diberikan kegiatan bermain menggunakan kartu kata bergambar pada Siklus I mengalami peningkatan    menjadi 47%. Meningkat lagi pada Siklus II mencapai ketuntasan sebesar 80%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, disimpulkan bahwa bermain menggunakan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak Kelompok B3 di TK Pradnyandari I.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...