AbstrakPenelitian pada siswa TK di Kelurahan Banjar Tegal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap kemampuan berbahasa anak. Penelitian ini merupakan quasi experiment yang berbentukpost test only with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK di Kelurahan Banjar Tegal, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 2 TK di Kelurahan Banjar Tegal. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui pencatatan dokumen dan observasi. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil penelitian pada siswa TK di Kelurahan Banjar Tegal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle dengan terhadap kemampuan berbahasa anak(thitung = 5,02> ttabel = 2,00). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa yang dicapai oleh kelompok anak yang mengikuti pembelajaran dengan model IOC lebih baik dibandingkan dengan kelompok anak yang mengikuti pembelajaran tidak dengan model IOC. Kata kunci: berbahasa, inside outside circle, TK
Copyrights © 2020