Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2022)

Transformasi penerapan modul ajar pada kurikulum merdeka di PAUD

Putu Yulia Angga Dewi (STAHN Mpu Kuturan Singaraja)
Kadek Hengki Primayana (STAHN Mpu Kuturan Singaraja)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Kurikulum adalah sebuah proses, iklim, suasana, budaya belajar yang memanusiakan manusia. Sebagai guru harus memperhatikan kurikulum yang saat ini sedang berlangsung. Pemahaman akan kurikulum serta sistem pemetaan harus diperhatikan dengan baik supaya proses belajar mengajar berlangsung secara efektif dan efisien. Pada kurikulum merdeka, guru diberi kebebasan untuk memilih format, pengalaman dan materi esensial yang cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Diberikan kebebasan untuk menentukan materi esensial sangat bermanfaat untuk menciptakan suasana belajar yang kontekstual. Khususnya pada anak usia dini yang masih berada pada tahap operasional konkret. Mereka harus diberikan pembelajaran yang bisa dilihat langsung. Supaya materi yang disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...