Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor lingkungan keluarga anak kesulitan belajar di masa pandemi pada kelompok B di lembaga POS PAUD Manggis 22 Desa Darsono Kabupaten Jember. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengambilan data diantaranya, dokumentasi, dan wawancara. Tekhnik keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi. Adapun kesimpulan yang berisi paparan secara ringkas tentang hal-hal yang menjadi pokok permasalahan studi ini, diantaranya: (1). Kondisi lingkungan keluarga anak kesulitan belajar pada masa pandemi yang dipengaruhi oleh kondisi orang tua dengan pendidikan rendah, yaitu karena keterbatasan orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah. Orang tua tidak memiliki strategi seperti seorang guru yang memiliki kreativitas mengajar. (2). Kurangnya sarana dan prasarana di rumah, misalnya: tidak adanya tempat belajar yang menyenangkan bagi anak. (3) Adanya Pola Asuh anak yang keliru, diantaranya: (a) Kurangnya penerapan sikap disiplin terhadap anak dalam keluarga, (b). Memanjakan anak atau terlalu menuruti keinginan anak.
Copyrights © 2022