JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 6 No. 1 (2022): Desember

Pengembangan Media Pembelajaran Buku Jilid dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4 Tahun di RA Az-Zahrah

Oni Asri Aprilianti (Unknown)
A Zulkarnain Ali (Unknown)
Ratnasari Dwi Ade Chandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media Buku Jilid yang layak digunakan untuk anak usia 4 tahun di RA Az-Zahrah; (2) Mengetahui pelaksanaan pengembangan media pembelajaran Buku Jilid dalam meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak usia 4 tahun di RA Az-Zahrah, Tempurejo, Jember. Penelitian ini dilakukan dengan model penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dengan cara validasi ahli media dan bahasa, lembar obsevasi dan dokumentas. Hasil penelitian ini mendapat validasi dari ahli media sebesar 87,5% dan dinyatakan “sangat layak”. Penilaian oleh ahli bahasa mendapat skor persentasi 87,5%, dan dinyatakan “sangat layak”. Sedangkan pada tahap observasi sebelum menggunakan media mendapat prosentase BB (Belum Berkembang) yaitu dengan skor rata-rata prosentase 34,8%, dan pada tahap observasi sesudah uji coba produk skor persentase meningkat menjadi 50,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...