Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana program “Aku Cinta Buku” dapat meningkatkan budaya literasi anak dan faktor-faktor apa saja yang yang mendorong dan menghambat program Aku Cinta Buku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus (case study). Dalam penelitian ini, pendekatan studi kasus dipilih untuk mendeskripsikan Program “Aku Cinta Buku” sebagai upaya sekolah untuk meningkatkan budaya literasi anak. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksankan di TK Rosella kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1. Program Aku Cinta Buku terdiri tiga pogram yaitu Pojok Baca, Kafe Baca, dan Kegiatan Membaca Bersama Orang Tua. 2. Program Cinta Buku dapat meningkatkan budaya literasi anak baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan juga membangun hubungan yang positif antara orang tua dan anak 3. Adanya Kerjasama yang baik antar warga sekolah yang terdiri dari Kepala sekolah, guru, dan orang tua merupakan faktor pendukung berlangsungnya program Aku Cinta Buku. 4. Adapun faktor penghambat adalah terbatasnya anggaran dan fasilitas di sekolah dalam menyediakan koleksi buku yang lebih beragam.
Copyrights © 2023