Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari

PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TEMAN SEBAYA DALAM PEMBENTUKAN KEKUATAN MENTAL PADA ORGANISASI IKAMALA

Putra Arif Rahmanda (Unknown)
Qoni’ah Nur Wijayanti, S.Ikom., M.Ikom (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Komunikasi Interpersonal Sejawat Dalam Pembentukan Kekuatan Mental Pada Organisasi Ikamala”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal antar teman dalam pembentukan mental di organisasi Ikamala, dimana subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Ikamala Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah peneliti memperoleh seluruh data dari sumber, data tersebut dianalisis secara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota organisasi Ikamala UTM melakukan komunikasi interpersonal antar anggota atau teman sejawat dengan menggunakan lima 2 komponen, komponen tersebut adalah sikap positif, sikap empati, sikap keterbukaan, sikap kesetaraan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dapat diketahui bahwa anggota organisasi Ikamala UTM mempunyai kendala dalam komunikasi interpersonal antar sesama anggota yang belum tercapai dan terlaksana. Pasalnya, beberapa anggota organisasi Ikamala bersifat introvert dan tidak terbuka satu sama lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...