Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 5 No 2 (2023): Oxygenius : Journal Of Chemistry Education

Pengembangan Media Pembelajaran Box Question Menggunakan Model ADDIE Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 2 Langowan

Desya Kristi Imanel Kampindo (Unknown)
John Zeth Lombok (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Box Question sebagai sarana bagi siswa untuk memahami materi larutan penyangga yang telah disajikan dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Langowan terhadap siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 24 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE (analysis, design, development, implemention, and evaluation). Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti yakni berupa deskriptif kualitatif. Hasil dari validasi produk media box question oleh ahli diperoleh persentase 93% dengan kriteria "sangat layak" untuk menjadi bahan pembelajaran pada materi larutan penyangga. Hasil respon siswa terhadap media box question diperoleh persentase 72% dengan kriteria "setuju". Berdasarkan hasil validasi ahli dan respon siswa maka dapat disimpulkan bahwa box question sangat layak untuk proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...