Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 1, No 2 (2022): Pendidikan Bahasa dan Sastra

Efektivitas Penggunaan Pola Latihan Berjenjang Dalam Pembelajaran Preposisi Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 21 Mataram Tahun Pelajaran 2022\2023

Nurmala, Nurmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan pola latihan berjenjang dalam pembelajaran preposisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. (2) Mendeskripsikan penggunaan pola latihan berjenjang dalam pembelajaran preposisi dapat meningkatkan kemampuan siswa di kelas VII SMP Negeri 21 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya. Metode pengumpulan data, yaitu metode  observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Rancangan penelitian ini terdiri atas dua siklus dimana bentuk siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tindakan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitataif dan deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian pembelajaran preposisi menggunakan pola berjenjang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Mataram tahun pelajaran 2019/2020 adalah sebagai berikut. Pertama indeks prestasi kelompok (IPK), yang dicapai siswa kelas VII SMP Negeri 21 Mataram dalam pembelajaran preposisi sebelum menggunakan pola latihan berjenjang  adalah 73,82% tergolong prestasi tinggi, taraf nilai individunya adalah 81,66 katagori tinggi, katagori sedang adalah 61,66, dan katagori terendah adalah 38,34. Kedua, Indeks prestasi kelompok (IPK), yang dicapai siswa kelas VII SMP Negeri 21 Mataram dalam pembelajaran preposisi setelah menggunakan pola latihan berjenjang  adalah 80,87% tergolong prestasi tinggi, taraf nilai individunya adalah 98,33 katagori tinggi, katagori sedang adalah 78,33, dan kategori terendah adalah 51,67.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendibas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra terbit dua kali setiap tahun pada bulan Febuari dan Agustus yang memuat artikel ilmiah tentang pendidikan bahasa dan sastra dari hasil penelitian dan kajian literatur. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Penerbit jurnal ini adalah Lembaga ...