Jurnal Cahaya Mandalika
Vol. 3 No. 2: Jurnal Cahaya Mandalika

MEMBENTUK KARAKTER WIRAUSAHA PADA GENERASI Z DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0

Idris, Erwin (Unknown)
Purnomohadi, Ricky (Unknown)
Rouf, Abdul (Unknown)
Madiistriyatno, Harries (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membentuk karakter wirausaha generasi Z sebagai indikator minat, sikap, pengetahuan bisnis dan motivasi dalam dunia bisnis. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu merupakan cara pengumpulan data yang nyata, apa adanya pada saat penelitian dilaksanakan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Generasi Z yang seluruhnya berjumlah 80 orang dalam 10 kelompok usaha. Penelitian ini merupakan penelitian purvosive sampling, Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah lembar kuesioner yaitu indikator minat, sikap, pengetahuan bisnis dan motivasi. Teknik analisis skala kualitatif dengan cara menstabulasi data sesuai dengan lembar kuesioner, kemudian di interpretasikan dengan berpedoman pada rentang skala yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa minat, sikap, pengetahuan bisnis dan motivasi sebagai indikator membentuk karakter wirausaha generasi Z.pengaruh positif yang signifikan dalam kategori Sangat Baik berdasarkan data kualitatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

This journal is a means of scientific publication to develop knowledge and information. This journal specifically contains the results of research carried out in all scientific fields. Apart from publishing research results, this journal also accepts manuscripts from literature reviews and other ...