Pengabdian ini menggali potensi peningkatan kekuatan media pembelajaran virtual reality (VR) untuk meningkatkan pemahaman materi di Sekolah Dasar. Tujuan kegiatan ini, melalui pendekatan interaktif dan menarik, realitas virtual reality dapat menciptakan pengalaman belajar yang imersif dan menarik bagi siswa. Pengabdian ini mencakup kolaborasi antara institusi pendidikan, komunitas sekolah dasar, dan pemangku kepentingan untuk memperkenalkan dan menerapkan teknologi VR dalam pembelajaran. Fokus kegiatan pengabdian ini tidak hanya pada siswa tetapi juga melibatkan pelatihan guru. Metode evaluasi meliputi supervisi partisipatif, pengukuran pemahaman materi, dan feedback dari peserta. Hasil pengabdian menunjukkan dampak positif program pengabdian dalam meningkatkansejumlah 83% berupa pemahaman partisipatif fisik dan aktif peserta dalam pendidikan berbasis VR di sekolah dasar. Makna praktis dan arah pengembangan program serupa ditetapkan untuk memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kapasitas pendidikan di tingkat dasar.
Copyrights © 2024