JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Scramble di Sekolah Dasar

Siregar, Fitri Halimah (Unknown)
Rahmatina, Rahmatina (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Scramble di kelas V SDN 02 Kubang Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SDN 02 Kubang Kabupaten Lima Puluh Kota dimana tercatat siswa sebanyak 12 orang. Penggunaan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil siklus I memperoleh nilai 73,01 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai 82,23. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...