JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020

Pengintegrasian Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Mala Sari (Unknown)
Yulsyofriend (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini dikembangkan berdasarkan pada bagaimana proses pembelajaran pada anak usia dini yaitu bagaimana cara guru menggunakan metode pembelajaran dalam bermain peran pada anak usia dini. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana proses pengintegrasian dalam melakukan metode bermain peran pada saat pembelajaran anak usia dini. Metode bermain peran adalah cara atau teknik yang dilakukan oleh guru dalam suatu pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran yang baik dan optimal. Dengan menggunakan metode pembelajaran guru dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan pada diri anak salah satunya yaitu ketika anak bermain peran aspek perkembangan bahasa pada anak akan terlatih dengan baik kemudian dapat mengembangkan tingkat percaya diri terhadap anak usia dini. Pada pembelajaran bermain peran ada beberapa orang anak yang masih terlihat malu-malu dan sulit mengungkapkan pendapatnya perlu dilakukan pendekatan dan cara-cara atau metode yang dilakukan guru agar perkembangannya dapat distimulasi dengan baik. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan kajian studi literatur. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi literatur berbagai sumber tertulis yaitu 6 buku dan 23 jurnal yang relevan dengan penelitian. Setelah itu melakukan analisis dengan menghubungkan antara permasalahan dengan konsep dan teori yang relevan. Berdasarkan beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran pada pembelajaran anak usia dini pada proses pembelajarannya bahwa metode bermain peran dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...