Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kecemasan akadamik selama pembelajaran daring pada siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. Faktor kecemasan akademik tersebut meliputi faktor pribadi, keluarga, sosial, dan kelembagaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada siswa yang bersekolah di SMA yang berada di Kabupaten Sarolangun sebanyak 161 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala faktor penyebab kecemasan akademik. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab kecemasan akademik pada siswa SMA di Kabupaten Sarolangun yaitu faktor pribadi yang menyebabkan kecemasan akademik berada dalam kategori sedang (74,53%) yaitu sebanyak 120 siswa , (2) faktor keluarga dalam kategori sedang (52,17%) yaitu sebanyak 84 siswa, (3) faktor sosial dalam kategori rendah (52,80%) yaitu sebanyak 85 siswa, dan (4) faktor kelembagaan berada dalam kategori sedang (85,09%) yaitu sebanyak 137 siswa.
Copyrights © 2020