Perkembangan pendidikan saat ini berjalan satu arah, hal ini cenderung membuat pembelajaran menjadi suatu hal yang membosankan. Tentunya pembelajaran dilakukan haruslah adanya inovasi dan metode-metode yang diberikan agar pembelajaran tersebut menjadi lebih efektif, efisien dan tentunya menarik bagi peserta didik. Oleh karena itu, Outdoor Learning dihadirkan untuk merancang agar metode pembelajaran bagi peserta didik menjadi lebih menarik. Outdoor Learning melibatkan alam dan lingkungan sekitar yang dapat merubah model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) Deskripsi hakekat nilai karakter, 2) Pencapaian nilai karakter pada outdoor learning, 3) Deskripsi langkah-langkah metode outdoor learning, 4) Deskripsi manfaat outdoor learning. Peneliti menggunakan kajian Pustaka dengan metode study literatur dan mengeksplorasi sumber-sumber validasi yang sudah diakui. Analisis data yang digunakan yaitu analisis study literatur dengan menyajikan data yang diambil dari beberapa sumber. Uji keabsahan data dilakukan dengan tringulasi sumber data yang dijelaskan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan hakekat nilai karakter dari peserta didik terhadap metode outdoor learning, 2) Menyajikan pencapaian nilai karakter pada outdoor learning terhadap peserta didik, 3) Mendeskripsikan langkah-langkah untuk memulai metode outdoor learning terhadap peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023