Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Penerapan Ice Breaking Terhadap Pembelajaran Dalam Menarik Minat Dan Efektivitas Siswa Di Sanggar Bimbingan Belajar Muhammadiyah Kampung Bharu Malaysia

Rangkuti, Dewi Auriyanti (Unknown)
Sari, Suci Perwita (Unknown)
Saragih, Mandra (Unknown)
Nasution, Ismail Saleh (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Ice breaking dalam pembelajaran, dapat secara integratif atau secara khusus diberikan dalam sela atau jeda dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui pengaruh penerapan ice breaking terhadap pembelajaran dalam menarik minat dan efektivitas siswa di sanggar bimbingan belajar Muhammadiyah Kampung Bharu Malaysia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Lapangan (Field Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ice breaking memberikan dampak yang baik untuk anak dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini diketahui melalui: Pertama, Ice breaking dapat membantu membangun kepercayaan diri, memperkuat hubungan antar siswa, mengurangi kecanggungan, dan menciptakan lingkungan yang positif untuk pembelajaran atau kerjasama lebih lanjut. Kedua, Ice breaking menghilangkan rasa bosan. Ketiga, Menarik minat anak. Keempat, meningkatkan efektifitas pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...