Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model Project Based Learning berbasis media lagu di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Project Based Learning berbasis media lagu. Pada pelaksanaannya penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan nilai perencanaan pembelajaran siklus I pertemuan I 87, 5% (baik), pertemuan II 87,5% (baik), dan meningkat pada siklus II 92,5% ( sangat baik). Hasil pengamatan aspek guru siklus I 81,25% (baik), pertemuan II 87,25% (baik), dan meningkat pada siklus II 90,6% (sangat baik). Hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I pertemuan I 75% ( cukup), pertemuan II 87,5% (baik), dan meningkat pada siklus II 90,6% (sangat baik). Dari setiap pertemuan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pembelajaran.
Copyrights © 2021