Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas VII UPT SPF SMPN 29 Makassar

Wahyuni Limonu (UPT SPF SMP Negeri 29 Makassar)
Syarifuddin Syarifuddin (Universitas Patompo)
Andi Annisa Sulolipu (Universitas Patompo)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VII UPT SPF SMPN 29 Makassar. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada UPT SPF SMPN 29 Makassar dengan Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 236 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Random Sampling dan jumlah sampel sebanyak 60 terbagi dua 30 siswa kelompok kontrol dan 30 siswa kelompok eksprimen , tehnik pengumpulan data menggunakan kusioner dan tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis uji-t menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan Gambaran pelaksanaan pembelajaran discovery Learning berbasis lingkungan pada siswa Kelas VII UPT SPF SMPN 29 Makassar adalah kategori Baik..Gambaran Kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VII UPT SPF SMPN 29 Makassar dari lima indikator kategori penilaian 3 Indikator berkategori Baik dan 2 berkategori cukup. Dari hasil observasi ini maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VII UPT SPF SMPN 29 Makassar adalah berkategori Cukup Baik. Pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir kreatif kelompok kontrol siswa Kelas VII UPT SPF SMPN 29 Makassar nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,958 > t tabel 2,045 (n-1=29) . dan kelompok Eksprimen 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 7,730 > t tabel 2,045 (n-1=29) . Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kontrol dan kelompok Eksprimen ada pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VII UPT SPF SMPN 29 Makassar Uji perbedaan t hitung 2,42 > t tabel = 1,671 dan sig. 0.018 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa perbedaan pengaruh antara kelompok kontrol dan kelompok Eksprimen pembelajaran Discovery Learning berbasis lingkungan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VII UPT SPF SMPN 29 adalah positif dan signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...