Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kelompok Bermain (KB) Dwi Rama Al-Ikhlas Kota Palembang

Sari, Rahma (Unknown)
Muhtarom, Muhtarom (Unknown)
Oktamarina, Lidia (Unknown)
Febriyanti, Febriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Rendahnya kreativitas anak yang terjadi pada kelas C KB Dwi Rama Al-Ikhlas Kota Palembang, yaitu masih banyak anak mengalami permasalahan kreativitas yang pada aspek orisinalitas yang ditandai dengan anak belum mampu membuat sesuatu berdasarkan ide atau gagasannya sendiri, pada aspek fleksibilitas ditandai dengan anak belum mampu menyampaikan ide atau gagasannya secara lancar dan terbuka, pada permasalahan di aspek kefasihan ditandai dengan anak belum mampu membentuk secara spontan berdasarkan objek yang dilihatnya, dan pada aspek elaborasi ditandai anak belum mampu membuat karya dan aktifitas seni dengan berbagai media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di KB Dwi Rama Al-Ikhlas Kota Palembang Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu kelompok eksperimen. Pendekatan penelitian ini kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Desains bentuk One-Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah anak kelas C dengan jumlah sampel 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes tidak terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis t-test. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan pendekatan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) sebesar 74,64. Kemudian, berdasarkan perhitungan uji t bahwa nilai signifikansi (2 tailed) < taraf signifikansi (0,000 < 0,05), maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, pendekatan pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Kelompok Bermain (KB) Dwi Rama Al-Ikhlas Kota Palembang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...