Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh Media Youtube Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas Vii Uptd Smp Negeri 8 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif merupakan sebagai proses kerja yang berlangsung secara ringkas, terbatas dan memilah-milah permasalahan menjadi bagian yang dapat diukur atau dinyatakan dalam angka-angka. Pada penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 8 Pematang Siantar. Dalam penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik sampel kelompok (cluster sampling).) teknik sampel kelompok (cluster sampling) ini digunakan apabila populasi cukup besar, sehingga perlu dibuat beberapa kelas atau kelompok. Dengan demikian, dalam sampel ini unit analisisnya bukan individu tetapi kelompok atau kelas yang terdiri atas sejumlah individu. Berdasarkan analisis data dari pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media youtube berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Hal ini ditunjukkan dari hasil perolehan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t yaitu dengan taraf signifikasi 0.05 maka diperoleh nilai thitung= 3,70 > dari ttabel= 1,67. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan post-test kelas eksperimen yang menggunakan media youtube maka diketahui nilai rata-rata 76,6 yang menunjukan nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 71,86. Dengan demikian dalam penelitian ini terdapat pengaruh dalam penggunaan media youtube terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 8 Pematang Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen sejati (true-experimental) dengan desain penelitian two group pretest-posttest design.
Copyrights © 2023