Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Argument Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Nina Juniati Putri Robhir (Universitas Negeri Padang)
Nofrion Nofrion (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning berbantu argument mapping terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik porpuse sampling. Adapun penelitian ini menggunakan rancangan Randomized Control Group Post-test Only Design dengan membandingkan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan tes tertulis berupa soal uraian yang berjumlah 5 butir soal. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. hasil pada penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penerapam model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 1 Tanjung Mutiara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...