JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 23 Tanjung Bingkung Kabupaten Solok

Yasril, Yasril (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa melalui pendekatan inkuiri di kelas V SDN 23 Tanjung Bingkung. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan Kelas (PTK). Yang menjadi subyek dalam PTK ini adalah siswa kelas V SDN 23 Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok sebanyak yang berjumah 17 orang, yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian yang terdiri dan empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dari uraian di atas dapat diihat dari hasil pengamatan siklus I dengan rata-rata 6,6 dengan ketuntasan hasil belajar 58,82 % masih agak kurang, maka pelaksanaan siklus II rata – rata 7,8 dan ketuntasan hasil belajar 88,23 % sudah baik dan guru sudah berhasil menggunakan Pendekatan inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran sifat-sifat cahaya pada kelas V SDN 23 Tanjung Bingkung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...