Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Model Pengembangan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di SMK N 6 Padang

Oktavia, Andini (Unknown)
Rahma Mulyani, Rila (Unknown)
Wae, Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang keluar masuk kelas di jam pelajaran tertentu, adanya peserta didik sengaja datang terlambat masuk pelajaran ketika istirahat berakhir, dan adanya peserta didik menyontek tugas teman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Gambaran kedisiplinan peserta didik. 2) Model pengembangan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan metode research and development. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Busana berjumlah 57 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 4 langkah yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain. Sehingga menghasilkan desain produk final model pengembangan kedisiplinan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan menggunakan analisis data persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik dapat dilihat dari: 1) Gambaran kedisiplinan peserta didik berada pada kategori baik. 2) Model pengembangan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik didik yang telah divalidasi oleh pakar teoritis dikategorikan “diterima” dan layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan pada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan Modul tersebut untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMKN 6 Padang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...