Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PJBL) dengan pendekatan TPACK dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini didasarkan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar pengamalan makna dan nilai-nilai Pancasila, melihat masih rendahnya hasil belajar siswa pada materi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VI di SDN Blingijati Kabupaten Pati yang terdiri dari 9 siswa mampu meningkatkan hasil belajar dan pengamalan makna serta nilai-nilai Pancasila pada peserta didik. Secara keseluruhan, peserta didik yang terlibat dalam kegiatan tersebut mengalami perubahan positif dalam pemahaman mereka tentang Pancasila dibuktikan dengan peningkatan rata-rata dari hasil pretest hingga post test sebesar 24%. Penelitian ini berfokus pada pentingnya menggabungkan pendidikan dengan Pancasila sebagai fondasi pembentukan karakter, serta kerjasama dalam proses pembelajaran di kelas guna meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024