JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Analisis Strategi Pemasaran Tokopedia di Masa Pandemi Covid-19

Vega, Adinda (Unknown)
Nelsyaf Putry, Delima (Unknown)
Azima, Fauzana (Unknown)
Wulandari, Tati (Unknown)
Puji Puspita Sari, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan pada Tokopedia di Indonesia dengan menggunakana SWOT terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kemajuan teknologi yang sangatlah cepat hingga menyentuh pada ranah industri perdagangan di Indonesia. Salah satu perusahaan perdagangan di Indonesia yang sudah memanfaatkan dengan kemajuan teknologi adalah PT.Tokepedia Indonesia yaitu berbasis perdangangan online atau disebut juga marketplaces. Marketplaces ini menyediakan jasa antara suplier dan kosumen untuk melakukan jualbeli dan transksi. Dengan kemunculuan berbagai marketplaces mempermudah transaksi perdagangan di Indonesia di masa pandemi. Konsumen tidak perlu lagi untuk berbelanja untuk kbutuhan sehari-hari diluar rumah, dengan mengandalkan gadget dan kuota internet sudah bisa berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara-cara yang dilakukan oleh PT. Tokepedia dalam mengembangkan maketplaces-nya di Indonesia. Penelitian ini berjenis penelitian pustaka dan kajian literatur (Library Research Or Literatur Riview) yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka yang digali melalui jurnal ilmiah, buku, web, dll. Fokus penelitian ini ditekankan pada kepustakaan (Library Research Or Literatur Riview). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis SWOT dengan menganalisis lingkungan internal (IFAS) meliputi kekuatan dan kelemahan sedangkan, lingkungan eksternal (EFAS) meliputi peluang dan ancaman yang kemudian di implementasikan ke dalam bentuk matrik SWOT.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...