JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Validitas dan Praktikalitas Modul Pendidikan Agama Islam Berbasis Scientific Approach untuk Siswa Kelas VII SMP

Handayani, Fitri Azmi (Unknown)
Sulaiman, Sulaiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Modul merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas modul berbasis scientific approach pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk siswa sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research And Development (R&D). Modul divalidasi oleh tiga orang validator dengan menggunakan instrumen berupa lembar validitas. Uji praktikalitas oleh dua puluh lima orang siswa dan dua orang guru Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan instrument berupa lembar praktikalitas. Hasil analisis lembar validitas, praktikalitas guru, dan praktikalitas siswa menunjukkan skor rata-rata momen kappa (k) adalah 0,79; 0,92 dan 0,91. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul Pendidikan Agama Islam berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII di SMP IT Hasanah Pantai Cermin Kabupaten Solok terkategori valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...