JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Pemahaman Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19 Prodi Pendidikan Ekonomi Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Masruro, Umi (Unknown)
Surur, Miftahus (Unknown)
Munawwir, Zainul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan gangguan proses pembelajaran secara konvensional selama pademi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan melibatkan 30 mahasiswa pada program studi Pendidikan Ekonomi semester Genap di STKIP PGRI Situbondo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik survey dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa. Hasil penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu , (1.) Ada pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap pemahaman mahasiswa (Y) pada masa pandemi civid-19 prodi pendidikan ekonomi semester genap tahun akademik 2020-2021 di STKIP PGRI Situbondo, maka diketahui bahwa nilai semester 6(enam) sebesar (1891) ) terletak antara + 0,00 s/d + 0,20 yang berarti tidak ada pengaruh. (2.) Tidak ada pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap pemahaman mahasiswa (Y) pada masa pandemi civid-19 prodi pendidikan ekonomi semester genap tahun akademik 2020-2021 di STKIP PGRI Situbondo, maka diketahui bahwa nilai semester 4 (empat) diketahui dengan nilai sebesar (-5595) terletak antara + 0,00 s/d + 0,20 yang berarti tidak ada pengaruh. (3.) Ada pengaruh pembelajaran daring (X) terhadap pemahaman mahasiswa (Y) pada masa pandemi civid-19 prodi pendidikan ekonomi semester genap tahun akademik 2020-2021 di STKIP PGRI Situbondo, maka diketahui bahwa nilai semester 2(dua) sebesar ( 6,641) yang terletak antara + 0,81 s/d + 1,00 yang berarti tingkat pengaruh sempurna. Dapat disimpulakan pembelajaran Daring Mempunyai Pengaruh Terhadap Pemahaman Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...