Artikel ini mendeskripsikan manajemen kegiatan pengawas dan guru dalam pembentukkan karakter agamis siswa MAN 2 Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kegiatan yang digunakan madrasah dalam membentuk karakter agamis, yaitu membangun komitmen pemimpin madrasah, menerapkan peraturan dan kebijakan madrasa, pembinaan workshop terhadap pengawas dan guru dengan membentuk karakter agamis yang efektif: internalisasi nilai, pembiasaan, keteladanan dan pembudayaan. karakter agamis siswa yang terbentuk di MAN 2 Kota Bengkulu, berupa nilai ibadah, nilai ruhul jaded, nilai amanah dan ikhlas, nilai akhlak dan kedisiplinan serta keteladanan, melalui kegiatan-kegiatan keagaman berupa shalat dhuha, membaca al-Qur’an dan surah pendek, shalat dzuhur berjama’ah, jum’at infaq, perayaan hari besar Islam dan pelaksanaan ekstrakurikuler rohis.
Copyrights © 2021