AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 2 No 2 (2022): Albanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PERSIAPAN DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK AMAL INSANI YOGYAKARTA

Ulfa, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

Saat ini banyak sekolah Taman Kanak-kanak menerapkan model pembelajaran sentra yang bertujuan mempermudah anak memahami apa yang disampaikan guru mengenai lingkungan di sekitarnya dan untuk meningkatkan daya berpikir kritis anak. Hal ini menarik perhatian peneliti untuk melihat bagaimana implementasi sentra persiapan dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di TK Amal Insani Yogyakarta. Metode yang peneliti gunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai informan kunci adalah guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran sentra persiapan dalam mengembangkan aspek kognitif anak yaitu dengan melaksanakan konsep bermain sambal belajar, memberikan media-media yang menarik, menggunakan metode tanya jawab, sehingga memancing daya kritis anak. Selain itu, sentra persiapan juga menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk anak, sehingga aspek kogitifnya Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

albanna

Publisher

Subject

Education

Description

ALBANNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini aims to provide a platform for scholars to disseminate and discuss the results of research on the theme of early childhood Islamic education. Scope of ALBANNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini accepts unpublished, original manuscript in Indonesia ...