Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JUKIM)
Vol. 3 No. 01 (2024): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin

LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA TRANSPORTASI DARING DI TINJAU DARI ASPEK PROMOSI, INOVASI, DAN DIGITAL MARKETING

Desti Dirnaeni (Universitas Gunadarma)
Christera Kuswahyu Indira (Universitas Gunadarma)
Yuniar Kencana Wati (Universitas Gunadarma)
Irfan Ardiansyah (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang aktivitas atau mobilitas manusia sehari-hari sehingga harus dipersiapkan dengan baik dan aman karena sangat berpengaruh terhadap kegiatan seperti perekonomian, pengiriman barang atau jasa, angkutan penumpang, dan lain-lain. Sistem transportasi di Indonesia sendiri juga semakin meningkat dari tahun ketahun, sehingga banyak bermunculan perusahaan - perusahaan transportasi di Indonesia yaitu aplikasi transportasi online.Adanya transportasi online di Indonesia mampu membuat pola kegiatan transportasi masyarakat menjadi lebih mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, promosi, inovasi, dan digital marketing terhadap pengguna aplikasi Gojek tertutama pengguna layanan Goride di Kota Tangerang. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna yang berada di wilayah kota Tangerang yang sering menggunakan layanan Goride pada aplikasi Gojek. Sampel yang diambil didalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel yang diguanakan adalah Non-Probability Sampling dengan jenis Accidental Sampling. Data yang digunakan adalah data primer dimana pengumpulan data didapatkan dengan menyebar kuesioner online kepada pengguna layanan Goride pada aplikasi Gojek. Alat uji yang digunakan adalah SPSS dengan beberapa teknik analisis yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji T, uji F, uji dominan, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, inovasi, dan digital marketing berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan Goride pada aplikasi Gojek. Promosi, inovasi dan digital marketing bersama-sama berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Goride pada aplikasi Gojek. Variabel yang paling berpengaruh yang memiliki kontribusi paling tinggi terhadap loyalitas pelanggan Goride pada aplikasi Gojek adalah variabel digital marketing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUKIM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia dan di terbitkan 6 kali dalam setahun yautu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. Jurnal Ilmiah ...