Al Manba
Vol. 7 No. 13 (2018): Al-Manba

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Yusnadi, Yusnadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana kepemimpinan pendidikan dalam perspektif umum, dan bagaimana kepemimpinan pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam? Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengolahan data meliputi teknik koleksi data, klasifikasi data, editing data, dan interpretasi data. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dan kesimpulan ditarik dengan menggunakan teknik deduktifHasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan pendidikan dalam perspektif umum, khususnya mengenai syarat-syarat kepemimpinan terdiri dari pribadi yang mampu mengamalkan nilai luhur, kualitas kemampuan pribadi (berwibawa, jujur, terpercaya, bijaksana, dan lain-lain). Kepemimpinan pendidikan dalam perspektif pendidikan Islam, secara umum bahwa pendidikan Islam dapat menerima semua unsur yang terdapat dalam kepemimpinan pendidikan umum, selama itu tidak bertentangan dengan ajaran Islam khususnya al-Qur’an dan al-Hadits. Adapun tipe/gaya kepemimpinan meliputi tipe otoriter, laisses faire, dan demokratis. Sedangkan sifat-sifat kepemimpinan pendidikan di antaranya ialah intelektualitas, hubungan sosial, kemampuan rohaniah dan kesehatan fisik/jasmaniah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

almanba

Publisher

Subject

Religion Humanities Other

Description

Al-Manba adalah Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Ma’arif Buntok Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal ini terbit secara berkala tiap enam bulan sekali, dan jurnal ini memuat kajian ilmiah dari hasil ...