Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak kelompok B TK Kejora Bangsa dalam kreativitas seni rupa, Sebagian anak belum mampu mengkombinasikan lebih dari 2 warna atau sampai 4 warna,. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah mencoba kegiatan permainan warna dengan tekhnik tarik benang untuk meningkatkan kreativitas seni rupa pada anak kelompok B di TK Kejora Bangsa. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dah teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai BB pada pra tindakan 7 anak atau 41,18% Pada siklus I menjadi 0 anak atau 0%,nilai MB pada pra tindakan sebesar 9 anak atau 56,25%, pada siklus 1 menjadi 6 anak atau 37,5% lalu di siklus II ada 0 anak atau 0%, nilai BSH pada pada pra tindakan ada 0 anak atau 0% Pada siklus 1 menjadi 10 anak atau 62,5% lalu Pada siklus II menjadi 2 anak atau 12,5% nilai terakhir BSB pada kegiatan pra tindakan ada 0 anak atau 0% Pada siklus 1 masih 0 anak atau 0% dan di akhir siklus II menjadi 14 anak atau 87,5% hasil ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa permainan warna dengan tekhnik tarik benang dapat meningkatkan kreativitas seni rupa pada anak.
Copyrights © 2023