Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan
Vol. 1 No. 2 (2023)

Penerapan Permainan Warna dengan Teknik Tarik Benang untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak

Apopi, Noni (Unknown)
Amalia, Rizki (Unknown)
Fauziddin, Mohammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak kelompok B TK Kejora Bangsa dalam kreativitas seni rupa, Sebagian anak belum mampu mengkombinasikan lebih dari 2 warna atau sampai 4 warna,. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah mencoba kegiatan permainan warna dengan tekhnik tarik benang untuk meningkatkan kreativitas seni rupa  pada anak kelompok B di TK Kejora Bangsa. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dah teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif  dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai BB pada pra tindakan 7 anak atau 41,18% Pada siklus I menjadi 0 anak atau 0%,nilai MB pada pra tindakan sebesar 9 anak atau 56,25%, pada siklus 1 menjadi 6 anak atau 37,5% lalu di siklus II ada 0 anak atau 0%,  nilai BSH pada pada pra tindakan ada 0 anak atau 0% Pada siklus 1 menjadi 10 anak atau 62,5% lalu Pada siklus II menjadi 2 anak atau  12,5% nilai terakhir BSB pada kegiatan pra tindakan ada 0 anak atau 0% Pada siklus 1 masih 0 anak atau 0% dan di akhir siklus II menjadi 14 anak atau 87,5% hasil ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa permainan warna dengan tekhnik tarik benang dapat meningkatkan kreativitas seni rupa pada anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan ISSN : 3025-6461 (media online) mempublikasikaan artikel ilmiah dari hasil penelitian dengan metode Penelitian Tindakan Kelas pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah ...