cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
refleksijurnalptk@gmail.com
Phone
+6282135090090
Journal Mail Official
refleksijurnalptk@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Mutiara Cadika Blok A5 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Provinsi Riau Kode Pos 28412 Email : refleksiJurnalptk@gmail.com
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan
ISSN : -     EISSN : 30256461     DOI : 10.37985/refleksi
Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan ISSN : 3025-6461 (media online) mempublikasikaan artikel ilmiah dari hasil penelitian dengan metode Penelitian Tindakan Kelas pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) / Madrasah Aliyah (MA) / Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Refleksi dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Ilmiah (LPPI) Yayasan Almahmudi bin Dahlan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 41 Documents
Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak melalui Menempel di TK Dharma Bakti Saputri, Meylinda Mega Christina; Alim, Melvi Lesmana; Nurmalina, Nurmalina
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i1.151

Abstract

Perkembangan motorik diartikan sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh. Ada tiga unsur yang menentukan perkembangan motorik yaitu otak, saraf dan otot. Tujuan artikel ini 3 untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik halus anak setelah diterapkan kegiatan menempel di TK Dharma Bakti Bukit Lembah Subur. Menggunakan metode penelitian tindakan pada anak kelompok B yang berjumlah 9 orang anak. Temuan penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan metode menempel, anak antusias pada saat kegiatan menempel dengan dipandu oleg guru
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Melalui Kegiatan Bermain Bola Warna Warni pada Anak Usia 5-6 Tahun Nurwahidah, Nurwahidah; Alim, Melvi Lesmana; Fauziddin, Mohammad
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i1.153

Abstract

Dalam perkembangan seorang anak, proses kemampuan kognitif yang terjadi dalam diri anak akan berubah sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut. Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna melalui kegiatan bermain bola warna warni. Menggunakan metode penelitian tindakan pada anak kelompok B1 yang berjumlah 12 orang anak. Hasil penelitian didapatkan bahwa pembelajaran menggunakan media bola warna warni terbukti berhasil untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna melalui media bola warna warni pada anak kelompok B1 di TK Permata Bunda Desa Banjar Panjang
Penerapan Gerak Dan Lagu "Naik-Naik Ke Puncak Gunung" untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Lestari, Leni; Fauziddin, Mohammad; Daulay, Musnar Indra
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i1.154

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak kelompok B TK Kejora Bangsa dalam kemampuan motorik kasar, Sebagian anak belum mampu mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan ataupun kaki sesuai dengan lagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dengan lagu “Naik-naik Ke Puncak Gunung ". Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh peningkatan yang sangat signifikan.Gerak dan lagu "Naik-naik Ke Puncak Gunung "dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak. Hal ini juga disaran kepada guru-guru untuk mejadikan kegiatan ini sebagai kegiatan alternatif untuk meningkatkan kemampuan kreativitas seni rupa pada anak
Membentuk Nilai Karakter: Berkreasi dengan Musik dan Gerakan untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Prasekolah Adawiah, Laila Robiatul; Harahap, Sahrona; Savitri, Devita
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i1.155

Abstract

Penelitian ini dilakukan di TK Az-Zahra Kab. Garut dengan melibatkan 16 anak prasekolah usia 4-5 tahun dengan tujuan meningkatkan motorik halus dan nilai karakter mereka melalui penggunaan musik dan gerakan dalam pembelajaran prasekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kreatif ini berhasil mencapai tujuannya: (1) Peningkatan Kemampuan Motorik Halus: Sebelum intervensi, sebagian besar anak sudah memiliki tingkat motorik halus yang sesuai untuk usia mereka, tetapi setelah intervensi, terjadi peningkatan yang signifikan dalam kemampuan motorik halus mereka. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas musik dan gerakan mampu merangsang perkembangan motorik halus anak-anak prasekolah. (2) Perbaikan Nilai-nilai Karakter: Penilaian karakter anak-anak menunjukkan potensi peningkatan sebelum intervensi. Setelah intervensi, terjadi peningkatan yang signifikan dalam nilai-nilai seperti kerjasama, disiplin diri, empati, dan tanggung jawab. Ini menandakan bahwa program ini berhasil membentuk nilai karakter yang positif pada anak-anak prasekolah. (3) Partisipasi dan Keterlibatan yang Tinggi: Anak-anak menunjukkan partisipasi dan keterlibatan yang tinggi dalam aktivitas kreatif yang melibatkan musik dan gerakan selama penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan kreatif menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsang dan mengundang partisipasi aktif anak-anak. Hasil ini memberikan dukungan kuat untuk penggunaan musik dan gerakan dalam pendidikan prasekolah untuk meningkatkan perkembangan holistik anak-anak, termasuk motorik halus dan nilai karakter.
Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Take And Give Siswa Sekolah Dasar Zahara, Sari; Aprinawati, Iis; Masrul, Masrul
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i1.157

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kurangnya minat belajar siswa kelas V SD, terutama pada materi menghargai perjuangan para tokoh. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan pembelajaran tradisional yaitu dengan metode ceramah yang membuat siswa pasif dan salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe Take And Give. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model Kooperatif tipe Take And Give pada siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. subjek penelitian adalah kelas V SD. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Peningkatan hasil belajar siswa pembelajaran menghargai perjuangan para tokoh dari sebelum tindakan siswa yang tuntas secara keseluruhan 14 orang siswa atau dengan persentase 41,93%, siklus I yang tuntas secara keseluruhan meningkat menjadi 23 orang siswa atau dengan pesentase 74,19%, dan pada siklus II siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 27 orang siswa atau dengan persentase 87,09%. Dan rata-rata nilai meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I adalah 77,09%, meningkat menjadi 80,64%. Jadi pembelajaran menghargai perjuangan para tokoh dengan model kooperatif tipe Take And Give dapat meningkat hasil belajar siswa kelas V
Peningkatan Nilai-Nilai Islam melalui Kurikulum Berbasis RA dengan Pendalaman Profil Pelajar Pancasila Harahap, Sahrona; Karim, Aim Abdul; Savitri, Devita; Adawiah, Laila Ribiatul
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i2.165

Abstract

Penelitian ini mengkaji berbagai permasalahan yang berkaitan dengan nilai-nilai Islam pada anak-anak usia dini. Permasalahan tersebut meliputi krisis moral, kurangnya pendidikan nilai-nilai Islam yang terstruktur, pengaruh budaya sekuler, kurangnya peran orang tua dan guru, keterbatasan sumber daya pendidikan agama, tantangan teknologi dan media sosial, serta dampak globalisasi dan multikulturalisme. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan nilai-nilai islam anak usia dini dengan pengenalan profil Pancasila pada anak usia dini dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dengan mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila yang sejalan dengan Islam dalam pendidikan anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas A dan B dengan jumlah 15 anak masing-masing kelas di Kec Tawang Kota Tasikmalaya. Hasil penelitian yang mengukur perkembangan anak-anak dalam aspek beriman, berakhlak mulia, bergotong royong, serta kemampuan mandiri, berpikir kritis, dan kreatif melalui kurikulum Raudhatul Athfal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang positif dalam pemahaman dan penerapan nilai-nilai tersebut selama siklus pembelajaran.
Pengembangan Kemampuan Kognitif melalui Kegiatan Menghitung Biji Congklak pada Anak Usia Dini Hasanah, Lailatun; Daulay, Musnar Indra; Amalia, Rizki
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i2.212

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif  anak melalui media biji congklak di Kelompok Bermain Ananda Desa Beringin Makmur Kec.Kerumutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek tindakan penelitian ini adalah kelompok Anak Bermain Ananda yang berjumlah 22 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi hasil karya anak dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dianalisis dengan teknik komparatif/ perbandingan yaitu membandingkan hasil yang dicapai anak dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kogmitif anak melalui kegiatan media biji congklak  pada setiap siklusnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan bermain melaui media biji congklak dapat meningkatkan kognitif anak.
Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Bermain Balok pada Anak Usia 5-6 Tahun Yuningsih, Nining; Daulay, Musnar Indra; Nurmalina , Nurmalina
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i2.221

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dalam setiap siklus terdiri dari dua  kali pertemuan. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan lembar observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B usia 5-6 tahun TK Al-Anshor yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dapat diketahui dari pengamatan perkembangan pada setiap siklus yang ditandai dengan persentase indikator pencapaian yang meningkat, yaitu kondisi Pra Siklus kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) persentase sebesar 14%. Hasil tindakan penelitian siklus I kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sebesar 20% dengan peningkatan persentase sebesar 16%. Hasil penelitian siklus II kategori pencapaian BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sebesar 50% dengan peningkatan persentase sebesar 30%, dengan kegiatan bermain balok disetiap pertemuan menjadikan anak lebih berkembang dalam kerja sama, berbagi dan tolong menolongnya.  
Penerapan Gerak dan Lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Lestari, Leni; .Fauziddin, Mohammad; Daulay, Musnar Indra
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i2.229

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak kelompok B TK Kejora Bangsa dalam kemampuan motorik kasar , Sebagian anak belum mampu mengekspresikan berbagai gerakan kepala, tangan ataupun kaki sesuai dengan lagu. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah mencoba kegiatan gerak dan lagu "Naik-naik Ke Puncak Gunung" untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Kejora Bangsa. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif  dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai BB pada pra tindakan 11 anak atau 68,75% Pada siklus I menjadi 0 anak atau 0%,nilai MB pada pra tindakan sebesar 5 anak atau 31,25%, pada siklus 1 menjadi 6 anak atau 37,5% lalu di siklus II ada 0 anak atau 0%,  nilai BSH pada pada pra tindakan ada 0 anak atau 0% Pada siklus 1 menjadi 10 anak atau 62,5% lalu Pada siklus II menjadi 3 anak atau  18,75% nilai terakhir BSB pada kegiatan pra tindakan ada 0 anak atau 0% Pada siklus 1 masih 0 anak atau 0% dan di akhir siklus II menjadi 13 anak atau 81,25% hasil ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan.
Penerapan Permainan Warna dengan Teknik Tarik Benang untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Apopi, Noni; Amalia, Rizki; Fauziddin, Mohammad
Refleksi: Jurnal Penelitian Tindakan Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37985/refleksi.v1i2.230

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak kelompok B TK Kejora Bangsa dalam kreativitas seni rupa, Sebagian anak belum mampu mengkombinasikan lebih dari 2 warna atau sampai 4 warna,. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah mencoba kegiatan permainan warna dengan tekhnik tarik benang untuk meningkatkan kreativitas seni rupa  pada anak kelompok B di TK Kejora Bangsa. Jenis penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dah teknik dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif  dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah nilai BB pada pra tindakan 7 anak atau 41,18% Pada siklus I menjadi 0 anak atau 0%,nilai MB pada pra tindakan sebesar 9 anak atau 56,25%, pada siklus 1 menjadi 6 anak atau 37,5% lalu di siklus II ada 0 anak atau 0%,  nilai BSH pada pada pra tindakan ada 0 anak atau 0% Pada siklus 1 menjadi 10 anak atau 62,5% lalu Pada siklus II menjadi 2 anak atau  12,5% nilai terakhir BSB pada kegiatan pra tindakan ada 0 anak atau 0% Pada siklus 1 masih 0 anak atau 0% dan di akhir siklus II menjadi 14 anak atau 87,5% hasil ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Dengan demikian dapat disimpulakn bahwa permainan warna dengan tekhnik tarik benang dapat meningkatkan kreativitas seni rupa pada anak.