At- Ta'lim : Jurnal Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2019): January

Media Sosial, Antara Peluang dan Ancaman dalam Pembentukan Karakter Anak Didik di Tinjau dari Sudut Pandang Pendidikan Islam

Izza, Ismatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2019

Abstract

Media social adalah struktur social yang berasal dari individu-individu dan organisasi yang diikat oleh kesamaan penggunanya. Media social adalah media online (media daring) yang digunakan sebagai sarana pergaulan social secara online di internet. Di media social, para pengguna dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, berbagi networking dan berbagai kegiatannya lainnya secara online. Media social dibuat untuk memenuhi syarat manusia karena manusia sebagi mahluk social,diciptakan untuk bersosial. Karena perkembangan zaman semakin maju, yang tujuan utamanya memfasilitasi user atau pengguna media social tersebut agar dapat terhubung dengan seseorang dalam satu Negara, bahkan antar Negara maupun antar benua dengan praktis dan tidak membuang waktu atau memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk bersosialisasi. Namun pada era modern saat ini, media social tidak hanya berfungsi sebagaimana biasanya, ternyata media-media social memberikan pengaruh-pengaruh terhadap pendidikan karakter anak didik yang menggunaknnya. Entah itu pengaruh positif maupun pengaruh negative seperti pamer di media social. Berbicara tentang penguatan pembentukan karakter anak didik melalui pendidikan karakter dalam knteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di sekolah-sekolah maupun perguruan tinggi. Diakui atau tidak diakui saat ini terjadi krisis yang nyata yang menghawatirkan dalam lingkungan sekolah yang melibatkan anak didik. Kata Kunci: Media Sosial, Pendidikan Karakter, Peluang dan Ancaman.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

attalim

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

At-Talim: Jurnal Pendidikan is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas orinnovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education sector which is able to ...