Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas Rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif pada peserta didik kelas I SD Negeri Cikurutug. Subyek penelitian peserta didik kelas I SD Negeri Cikurutug Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi yang terdiri dari 10 peserta didik, penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 peserta didik yang mengalami kesulitan berbeda dalam membaca permulaan. Hal ini terlihat dari hasil observasi berupa tes dan wawancara bahwa peserta didik kelas I mengalami kesulitan membaca permulaan dalam memperhatikan tanda baca, membaca kata dengan ejaan yang cukup panjang, melafalkan huruf diftong, melafalkan huruf konsonan rangkap, melafalkan huruf-huruf yang serupa sehingga kesulitan tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi kemampuan membaca peserta didik. Faktor penyebabnya adalah kurangnya semangat dalam diri peserta didik, kurangnya motivasi yang diberikan oleh orang tua dan guru kepada peserta didik, metode dan media pembelajaran yang kurang variatif, media di rumah yang kurang dan orang tua hanya mengandalkan latihan membaca di sekolah tanpa dilatih lagi di rumah.
Copyrights © 2024