Parkir tepi jalan umum di Kabupaten Bojonegoro dijadikan sebagai lahan bisnis, bukan hanya oleh Pemerintah Daerah sebagai salah satu variabel pendapatan asli daerah (PAD) lewat retribusi parkir di tepi jalan umum (TJU) dan retribusi tempat khusus parkir (TKP), tetapi juga oleh pihak swasta misalnya pusat perbelanjaan sebagai fasilitas yang mereka sediakan untuk konsumen. Pada pelayanan parkir tepi jalan umum selama ini masih banyak dijumpai adanya keluhan dari masyarakat terhadap tarif parkir yang dikenakan kepada mereka. Pelayanan parkir merupakan salah satu bentuk pelayanan publik, dimana peran penting pelayanan publik ialah ditujukan untuk terwujudnya pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat dan dalam pemenuhan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pelayanan parkir di tepi jalan umum daerah Kabupaten Bojonegoro. Pada kualitas pelayanan parkir di tepi jalan umum daerah Kabupaten Bojonegoro berdasarkan teori Zeithaml et.al (lima dimensi kepuasan pelayanan) digabung dengan Indeks Kepuasan Masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pelayanan parkir di tepi jalan umum daerah Kabupaten Bojonegoro sebesar 88,25 yang berarti bahwa kinerja petugas pelayanan parkir di tepi jalan umum daerah Kabupaten Bojonegoro “Baik” karena nilai tersebut berada diantara 76,61 – 88,30 yang berada pada mutu pelayanan B (baik).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020