Masalah dalam penelitian ini kesulitan belajar matematika pada pesertadidik berkebutuhan khusus (tunarungu) kelas V di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengeksplorasi penyebab kesulitan belajar matematika pada peserta didik tunarungu kelas V di SLB-B Negeri Pembina Palembang (2) Untuk mengidentifikasi bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika terhadap peserta didik tunarungu kelas V di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftip kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar matematika pada pesertadidik tunarungu yaitu: (1) Bentuk kesulitan belajar matematika yang dialami anak tunarungu terdiri dari beberapa komponen yaitu kesulitan dalam materi pembelajaran abstrak, kesulitan dalam menghitung dan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. (2)Faktor yang menyebab kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. (3)Upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika adalah dengan mengadakan program remidial, yaitu guru mengulang secara terus menerus materi pelajaran matematika, mengunakan alat batu (alat peraga) ,memperbanyak latihan soal, memotivasi siswa dan menjalin kerja sama dengan orang tua siswa. Kata Kunci: kesulitan belajar, matematika, anak tunarungu.
Copyrights © 2022