cover
Contact Name
Setria Utama Rizal
Contact Email
setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id
Editorial Address
Jurusan Tarbiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Location
Kota palangkaraya,
Kalimantan tengah
INDONESIA
MUALLIMUN : JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
ISSN : 27767728     EISSN : 27756858     DOI : https://doi.org/10.23971/muallimun
Core Subject : Education,
Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan is a scientific journal of Islamic education managed and published by Tarbiyah Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palangka Raya. This journal publishes research articles about Islamic education and education in general. It covers articles in the fields of Islamic Education, Islamic Education Management, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Education and Teacher Training, Outside School Education, Curriculum Development, Science Education, Social Studies Education, Basic Education, Educational Management, Counseling Guidance, Learning Evaluation, Learning Strategies, Learning Models and Methods, Educational Psychology, and Learning Media.
Articles 61 Documents
Manajemen Penghapusan Sarana Pendidikan di Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya Ningsih, Murlia; Sardimi, Sardimi; muzakki, Muzakki
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1 No 1 (2021): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i1.3200

Abstract

Penghapusan sarana pendidikan merupakan kegiatan dari manajemen sarana dan
Pengembangan Video Pembelajaran Kelas V di MIN 2 Kotawaringin Timur Handayani, Putri; Hidayati, Sri; Sulistyowati, Sulistyowati
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 2 No 2 (2022): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v2i2.3437

Abstract

ABSTRAKPerubahan dunia pendidikan masa pandemi Covid-19 yang awalnya
Penanaman Akhlak bagi Anak Usia Dini di RA Al Irsyad Biringkaloro Jannah S, Miftahul; Herman, Herman; Herlina, Herlina
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1 No 2 (2021): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i2.3531

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman akhlak bagi anak usia dini di RA Al Irsyad Biringkaloro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek data dalam penelitian ini adalah 1 orang Guru dan 26 peserta didik di RA Al Irsyad Biringkaloro. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara triangulasi data. Adapun teknik analisis meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman akhlak bagi anak usia dini di RA Al Irsyad Biringkaloro meliputi 4 aspek, yaitu penanaman akhlak terhadap Allah SWT, penanaman akhlak terhadap sesama manusia, penanaman akhlak terhadap alam sekitar, dan penanaman akhlak terhadap diri sendiri. Penanaman akhlak ini telah berjalan dengan baik dan dilakukan melalui keteladanan, pengajaran, pembiasaan, dan pemberian motivasi.
Stimulasi Kecerdasan Linguistik Verbal Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini Purwasih, Wahyu; Sahnan, Ahmad
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1 No 2 (2021): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i2.3634

Abstract

Abstract
PROBLEMATIKA PELAKSANAAN SUPERVISI DI LEMBAGA KB Najiha, Nihayatun
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 3 No 1 (2023): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v3i1.6938

Abstract

Supervisi menjadi salah satu metode yang paling penting dalam pengumpulan data dan informasi untuk mendapatkan suatu pemahaman tentang sebuah permasalahan atau fenomena.
Pemanfaatan Google Form sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya Meirawati, Eka; Azis, Abdul; Rohmadi, Mukhlis
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1 No 1 (2021): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i1.3201

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya potensi yang dapat dimanfaatkan dari perangkat smartphone yang bisa dikembangkan untuk mempermudah seorang guru dalam hal evaluasi pembelajaran di SMKN 2 Palangka Raya yang masih menggunakan lembar kertas pada saat proses evaluasi pembelajaran (metode konvensional), akan tetapi potensi tersebut belum dimanfaatkan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu orang guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas XI Otomotisasi Tata Kelola Perkantoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya secara umum telah dimanfaatkan secara baik, sejak penyusunan rencana evaluasi hasil belajar, menghimpun data, melakukan verifikasi data, mengolah dan menganalisis data, memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan serta adanya tindak lanjut dari guru. (2) Guru memberikan tanggapan baik berdasarkan aspek efektifitas waktu, biaya, tenaga, kemudahan penggunaan/manfaat serta tampilan/ kemenarikan. (3) Berdasarkan aspek efektifitas waktu, biaya, tenaga, kemudahan penggunaan/manfaat serta tampilan/kemenarikan peserta didik memberikan tanggapan baik.
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas IV Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan Putri, Meissy Yolanda; Astuti, Mardiah; Sofyan, Fuaddilah Ali
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 2 No 2 (2022): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v2i2.4070

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menghasilkan bahan ajar modul yang valid, praktis dan efektif dengan model pengembangan yang mengikuti alur desain formatif evaluation (Tessmer). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pengembangan atau Research and Develoment yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk. Uji coba terbatas pada penelitian ini dilaksanakan pada 21 siswa kelas IVB SD N 3 Lembak. Teknik pengumpulan data uji validasi pada beberapa ahli dan angket respon siswa. hasil penelitian menunjukan Rekapiitulasi Validator (1) Ahli desain 88 % dengan kategori sangat valid (2) Ahli Bahasa 98 % dengan kategori sangat valid (3) Ahli materi 82 % dengan kategori sangat valid dan Rekapitulasi Kepraktisan (1) One to One 94 % dengan kategori sangat Praktis (2) Small Group 95 % dengan kategori sangat Praktis. Rekapitulasi Keefektifan 80 % dengan kategori sangat Efektif.Kata Kunci :
Kisah dalam Alquran Perspektif Pendidikan Islam Majid, Muhammad Syahdan; Rohman, Abdul
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 2 No 1 (2022): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v2i1.3833

Abstract

Allah has various ways of educating humans, one way of educating humans is by using the story method in the Qur'an. With this method, humans can take the moral message in the story. Even educational messages will be easy to digest because of the interesting stories in the Koran. The story in the Koran contains a lot of wisdom in which the wisdom is addressed to all humans. The wisdom behind these stories is full of educational value and can be a guide for every education practitioner, especially teachers. The series of stories from the Koran not only contain lessons for human life, the stories in the Koran can also be used as material for teaching and learning methods in an educational process. This paper aims to find educational values contained in the stories of the Koran through literature review. The educational values obtained in the story of the Koran include monotheism, intellectual, moral, sexual, spiritual, democratic, and parenting education.
Studi Islam Melalui Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah An-Nur Hikmah, Nurul; Halimi, Halimi
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1 No 2 (2021): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i2.3590

Abstract

Studi Islam merupakan kajian yang mendalam tentang hal-hal yang berkaitan dengan Islam. Studi Islam di Madrasah Diniyah An-nur dilakukan melalui pembelajaran kitab kuning. Kitab kuning merupakan kitab yang ditulis dengan huruf arab, tanpa harokat, dengan bahasa arab, melayu dan sekitarnya serta dicetak dalam kertas berwarna kuning. Pada umumnya metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning di pesantren atau madrasah adalah metode klasikal, sorogan dan ceramah. Menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran kitab kuning penting dilakukan agar pembelajaran tidak hanya terfokus kepada ustadz atau ustadzahnya saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan dalam proses pembelajaran studi Islam melalui kitab kuning di Madrasah diniyah An-nur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan dalam studi Islam melalui pembelajaran kitab kuning di madrasah diniyah An-nur adalah ceramah, tanya jawab, hafalan, dan praktik.
Nilai Pendidikan Pada Prosesi Tradisi Mandi Safar Masyarakat Banjar di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur Muzakir, Fikri; Malisi, Ali Sibram; Rahmad, Rahmad
Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan Vol 1 No 1 (2021): MUALLIMUN
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23971/muallimun.v1i1.3203

Abstract

Abstrak: Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah lapangan (field research), dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan Ethnografi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosesi serta nilai pendidikan pada tradisi mandi Safar. Adapun subjek penelitian adalah masyarakat Banjar di Kota Sampit, Kotawaringin Timur. Data dalam penelitian ini meliputi (1) Nilai pendidikan religius, (2) Nilai pendidikan moral, (3) Nilai pendidikan sosial. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tradisi mandi Safar dalam pelaksanaannya memiliki proses yaitu: (1) Mempersiapkan daun Sawang, (2) Merajah daun Sawang, (3) Membaca niat mandi, (4) Mandi di sungai Mentaya, (5) Do