Membaca Alquran merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik belum mampu membaca Alquran dengan tajwid dan makharijul huruf yang benar. Paper ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan metode Quantum Reading Quran (QRQ) dengan teknik “Ayu Ayun Manna Tahan” untuk meningkatkan kemampuan membaca Alquran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Targgart dengan langkah-langkah: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III pada salah satu Sekolah Dasar Negeri di Purwakarta, Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes kinerja peserta didik dalam membaca surat al-Nasr pada siklus I adalah 39,22 dan pada siklus II adalah 75 (skala 0-100). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Reading Qur’an (QRQ) dengan teknik “Ayu Ayun Manna Tahan” dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca al-Quran.
Copyrights © 2019