Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis tentang pengaruh efikasi diri dan prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika. Hipotesis Penelitian yang diuji meliputi: Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap pemahaman konsep matematika, Terdapat pengaruh langsung yang signifikan prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika, Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa serta Terdapat pengaruh tidak langsung efikasi diri melalui prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika secara signifikan. Penelitian dilakukan dengan metode survey, dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap pemahaman konsep matematika. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik siswa. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung efikasi diri melalui prokrastinasi akademik siswa terhadap pemahaman konsep matematika secara signifikan. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatkan pemahaman konsep matematika dilakukan dengan mengurangi prokrastinasi akademik siswa terlebih dahulu, sehingga efikasi diri akan meningkat dengan lebih mudah dalam memahami pelajaran matematika dengan lebih baik dan lebih cepat.
Copyrights © 2019