Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Januari - Juni 2021

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman murid melalui penerapan model SQ3R (Survey Question Reading Recite Review) Kelas IV SD

Karman, Andi (Unknown)
Sehe, Sehe (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman murid melalui model SQ3R di Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan rencana Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), yaitu rancangan penelitian berdaur ulang (siklus). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengikuti proses siklus atau daur ulang mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi (perenungan, pemikiran, dan evaluasi). Metode pengumpulan data adalah observasi. Tes, dan Dokumentasi. Tes yang dilakukan berupa pemberian soal tes formatif dengan tujuan untuk mengukur kemampuan dan pemahaman murid terhadap materi yang dipelajari, sehingga dengan adanya tes tersebut kemapuan membaca pemahaman murid dengan model SQ3R dapat diketahui meningkat atau tidak. Analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data aspek guru dan aspek murid. Teknik yang dilakukan adalah teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (Iskandar 2008: 255) yang terdiri dari 3 tahap kegiatan yaitu: “(1) Mereduksi data; (2) Menyajikan data; (3) Menarik kesimpulan dan verifikasi”. Adapun hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi SQ3R dalam membaca pemahaman pada murid Kelas IV SD memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman murid.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpdp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPdP) adalah jurnal nasional, akses terbuka, multidisiplin, double-blind peer-review yang diterbitkan secara online dua kali dalam setahun (Juni & Desember). JPDP menyajikan artikel-artikel yang berhubungan dengan penelitian terbaru tentang pendidikan guru, ...