Ghaitsa: Islamic Education Journal
Vol. 4 No. 1 (2023): Februari

Analisis Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Penulis Muhammad Ahsan, Sumiyati, dan Mustahdi

Ayu Anggita, Esi (Unknown)
Akbarjono, Ali (Unknown)
Suhilman (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu bentuk analisis terhadap buku ajar yang menjadi acuan dalam proses pembelajaran peserta didik berdasarkan kurikulum yang diberlakukan. Pemilihan buku ajar perlu melihat dan mempertimbangkan berbagai segi yang wajib memenuhi empat unsur kelayakan, yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan kelayakan kegrafikan. Seperti halnya, buku teks pelajaran pendidikan agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII ini telah mengalami beberapa tahap revisi dikarenakan terjadinya kesalahan beberapa unsur, diantaranya kesalahan redaksional, pembaharuan KD dan penambahan materi. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui layak-tidaknya buku teks pelajaran yang ditinjau dari segi isi atau konten materi, khususnya. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah bagaimana kelayakan isi buku ajar Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Penulis Muhammad Ahsan, Sumiyati, dan Mustahdi berdasarkan empat dimensi kelayakan isi buku teks? Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kepustakaan (Library Research) melalui metode dokumentasi dengan tehnik analisisnya yaitu analisis isi, analisis ini dilakukan secara sistematis dan logis dimulai dari membaca dan menelaah seluruh data. Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kelayakan isi buku yang ditinjau dari empat dimensi yaitu dimensi spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Jika dirinci secara persentase dimensi spiritual 89%, dimensi sosial 97%, dimensi pengetahuan 81%, dan dimensi keterampilan 90%. Hasil analisis data ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kelayakan isi telah akurat untuk digunakan dalam penilaian kelayakan isi buku teks pelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ghaitsa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ghaitsa: Islamic Education Journal is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Ghaitsa Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the ...