Ghaitsa: Islamic Education Journal
Vol. 3 No. 3 (2022): Oktober

Fungsi Bahasa pada Bahan Ajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 06 Kota Bengkulu

Intan Putri Dwi Pratama (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Heny Friantary (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Ixsir Eliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi fungsional pada bahan ajar bahasa indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 06 Kota Bengkulu. Bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok untuk melahirkan perasaan dan pikiran. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif guna memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara keseluruhan, melalui deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, dalam situasi khusus memanfaatkan berbagai metode alamiah.Teknik pengumpulan data adalah proses yang hakiki saat penelitian, sebab penelitian memiliki tujuan utama yaitu memperoleh data. Penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan pada natural setting, informal dan teknik pengumpulan data banyak pada observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan dimensi fungsional pada bahan ajar siswa kelas VII SMP Negeri 06 Kota Bengkulu pelaksanaan pertama guru menjelaskan materi pembelajaran sesuai metode yang telah pendidik siapkan. Penjelasan materi dengan menjelaskan mengenai surat dinas. hal ini dilakukan agar peserta didik memiliki pengetahuan mengenai apa saja yang ada didalam teks deskripsi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ghaitsa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ghaitsa: Islamic Education Journal is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Ghaitsa Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the ...