Journal of Innovative and Creativity
Vol. 1 No. 2 (2021)

Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar Siswa dengan Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Kelas XI OTKP Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMK YPS Prabumulih

Hikmah (SMK YPS Prabumulih)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw tehadap hasil belajar siswa kelas XI OTKP SMK YPS Prabumulih.Subjek penelitian ini adalah siswa SMK YPS Prabumulih Kelas XI Otkp yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan formulir observasi dan analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil analisis menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi hasil belajar. Sebelum penelitian menggunakan penerapan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw  Data tersebut menunjukkan dari jumlah siswa 30, sebelum proses pembelajaran memakai metode kooperatif tipe jigsaw, siswa terlihat tidak antusian dan motivasi dari belajar tidak sesuai harapan, sehingga dari 30 siswa , ada tidak memenuhi syarat belajar dengan presentase 67 % belum tuntas masih di bawah kriteria ketuntasan minimal 75. Nilai tertinggi 85 dan terendah. skornya 50. Artinya hanya 34 %  siswa yang tuntas kriteria ketuntasan minimal (kkm) bahasa Inggris yang telah ditetapkan. siswa diakui sebagai lulusan. Selain itu, banyak juga siswa yang pasif ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam wawancara dengan pendidik, guru mengatakan, “Hanya sekitar 10 dari 30 siswa yang terlihat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Siklus I. Kemudian pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 87,00 pada 93 %  dengan kategori “berhasil”. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas XI Otkp SMK YPS Prabumulih.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...