Journal of Innovative and Creativity
Vol. 2 No. 2 (2022)

Penerapan Discovery Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Materi Descriptive Text Kelas VII SMP Negeri 7 Tambusai Rokan Hulu

Siti Nurjanah (SMP Negeri 7 Tambusai)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh data yang menunjukan perolehan hasil belajar peserta didik. Untuk mencapai motivasi belajar anak yamg meningkat dan hasil belajar peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengetahui akar penyebab masalah dari aktifitas belajar peserta didik kelas VII SMP. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba melaksanakan pembelajaran inovasi menggunakan pembelajaran Discovery Learning. Pembelajaran inovasi ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui hal- hal apa saja yang terjadi didalam aktifitas belajar siswa dan bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris materi Descriptive text dengan menggunakan metode Discovery Learning dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Adapun pelaksanaan untuk meningkatkan hasil belajar anak melalui perbaikan pada siklus 1 dan siklus 2 dengan melakukan desain prosedur perbaikan, pengamatan, teknik analisis data serta melakukan refleksi diri untuk pendidik. Dari hasil pengamatan pendidik, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak dalam menggunakan metode Discovery Learning.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...