Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh supervisi akademik, budaya sekolah, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora yang terdiri terdiri dari 264 guru berasal dari 35 sekolah dasar. Setelah dirumuskan menggunakan Slovin dan didapatkan sampel sejumlah 159 responden, yang dalam penentuan pengambilan sampel kepada responden nantinya menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pemberian angket kepada responden yang menjadi subjek dalam penelitian. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi 0,796; besarnya pengaruh 64,3%; persamaan regresi Y = 19,463 + 0,829X1; dan nilai t hitung 3,788; (2) terdapat pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi 0,761; besarnya pengaruh 57,9%; persamaan regresi Y = 22,691 + 0,637X2; dan nilai t hitung 4,096; (3) terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi 0,750; besarnya pengaruh 56,2%; persamaan regresi Y = 22,059 + 0,837X3; dan nilai t hitung 3,817; (4) terdapat pengaruh supervisi akademik, budaya sekolah, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru dengan nilai korelasi 0,809; besarnya pengaruh 64,8%; persamaan regresi Y = 14,009 + 0,499X1 + 0,121X2 + 0,243X3; dan nilai t hitung 2,626.
Copyrights © 2023