Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI METODE PENEMUAN TERBIMBING SETTING KOOPERATIF DAN METODE DISKUSI

Irmawati Irmawati (Universitas Cahaya Prima Bone)
Hasnawati Hasnawati (Universitas Cahaya Prima Bone)
Mega Erdawati (Universitas Cahaya Prima Bone)
Andi Asrijal (Universitas Cahaya Prima Bone)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran informasi dan data mengenai Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi yang Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif dan Metode Diskusi Siswa Kelas VII MTs. Lita Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 56 orang terdiri dari laki-laki 34 orang dan perempuan 22 orang, dengan penelitian menggunakan kelompok Eksperimen 28 orang dan kelompok kontrol 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes, dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan statistik Infrensial dalam bentuk Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan yaitu ada Perbedaan Hasil Belajar IPS Ekonomi yang Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif dan Metode Diskusi Siswa Kelas VII MTs. Lita Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone, menunjukkan perbedaan hasil belajar IPS Ekonomi yang Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif dibandingkan Metode Diskusi Siswa Kelas VII MTs. Lita Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...